Jasa Maintenance Server Linux

Jasa Maintenance Server Linux

Menggunakan jasa maintenance server Linux adalah hal yang wajib dilakukan ketika server komputer di rumah atau di kantor berbasis Linux. Ada banyak hal yang harus diketahui tentang maintenance atau pemeliharaan server komputer semacam ini. Beberapa informasi yang penting bisa ditemukan di bawah ini sehingga nantinya Anda paham betapa pentingnya maintenance server Linux.

Informasi Jasa Maintenance Server Linux : Maintenance atau pemeliharaan biasanya dilakukan rutin agar performa komputer dan server tetap terjaga. Di bawah ini ada informasi yang harus diketahui sebelum Anda memutuskan untuk melakukan sewa jasa maintenance server Linux. Ketahui dulu jenis maintenance yang umum disediakan di luar sana dan juga apa saja yang harusnya dilakukan ketika proses pemeliharaan tersebut.

Jenis Maintenance : Secara umum, ada dua jenis maintenance atau pemeliharaan untuk server VPS Linux dan Windows. Jenis maintenance yang pertama adalah yearly maintenance atau pemeliharaan rutin per tahun. Jenis maintenance yang kedua adalah maintenance per case atau pemeliharaan yang dilakukan secara tidak rutin atau saat ada masalah dengan server/komputer saja.

Pentingnya Maintenance Server Linux : Melakukan pemeliharaan rutin sangat penting. Inilah mengapa banyak perusahaan yang melakukan sewa jasa maintenance server Linux secara rutin karena mereka tahu bahwa pemeliharaan yang dilakukan rutin dapat mencegah hilangnya data dan meningkatkan performa server Linux.

Yang Dilakukan Saat Maintenance

  • Backup/Pencadangan Data

Ada beberapa hal penting yang dilakukan oleh petugas ketika Anda menyewa jasa maintenance server Linux. Yang pertama adalah mereka akan melakukan backup atau pencadangan data sehingga tidak ada data yang hilang. Mereka juga akan memastikan system untuk backup berjalan dengan baik dan berfungsi normal.

  • Mengamankan Layanan Penting di Server

Pada saat proses pemeliharaan server, semua layanan penting di server seperti SSH dan SSL akan diamankan. Hal-hal lain yang juga ikut dicek dan diamankan adalah control panel, database server, dan juga email. Jika semua sudah aman, maka bisa dipastikan server akan berjalan dengan semestinya.

  • Cek Kapastitas Hardisk dan Penyimpanan

Untuk meminimialisir eror, biasanya petugas akan mengecek juga kapasitas hardisk dan penyimpanan. Jika sudah terlalu penuh, biasanya akan dilakukan upgrade kapasitas agar sever dan komputer tetap bisa berjalan dengan lancer dan semestinya. Jika terus dibiarkan dalam keadaan hardisk dan penyimpanan hampir penuh, sudah bisa dipastikan jika eror akan terjadi.

  • Upgrade OS/Software ke Versi Terbaru

Banyak kejadian service downtime atau eror yang terjadi karena OS atau software sudah terlalu lama, atau bahkan kadaluarsa. Inilah mengapa salah satu hal yang wajib dilakukan ketika proses pemeliharaan adalah upgrade OS atau software ke versi yang terbaru. Hal ini akan meminimalisir resiko terjadinya eror dan masalah pada server.

  • Cek Security Patches

Sistem keamanan pada server adalah hal yang sangat penting. Pada saat proses pemeliharaan, petugas akan mengecek sistem keamanan pada server, termasuk pada security patches-nya. Hal ini akan membantu server mendeteksi dan juga melakukan blokir terhadap hal-hal yang mengancam server seperti malware, rootkits, dan lain sebagainya.

Nah, sudah tahu bukan pentingnya maintenance atau pemeliharaan. Biasanya untuk mendapatkan jasa yang semacam ini, perusahaan atau individu harus mendaftar sebagai member atau anggota. Untuk hasil terbaik, sewa jasa maintenance server Linux yang professional dan bisa memberikan servis rutin per tahun atau bahkan per enam bulannya.