Jasa DevOps SysAdmin

Jasa DevOps SysAdmin

Masifnya perkembangan era transformasi digital telah mendorong pengembangan layanan di bidang IT, termasuk jasa DevOps SysAdmin. Meski masih jarang terdengar, namun profesi ini memiliki peran penting untuk teknologi informasi perusahaan.

Apalagi dengan cepatnya perkembangan teknologi, perusahaan dituntut untuk dapat membuat produk baik aplikasi maupun website secara cepat dan maksimal. Salah satu cara mencapai tujuan tersebut adalah dengan membuat sistem DevOps.

Sistem ini bahkan telah banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, Amazon, Gojek, dan lain-lain. Selain karena dianggap menguntungkan, model pada layanan ini juga dianggap lebih memudahkan proses pengembangan software.

Pengertian Jasa DevOps SysAdmin di Bidang IT

Dari namanya, Jasa DevOps merupakan gabungan dari Development (Dev) serta Operations (Ops) yang menggabungkan dua proses dari kedua bidang tersebut. Artinya, layanan ini menyatukan tim developer serta operations untuk mengembangkan software.

Tim developer merupakan tim yang bertugas dalam bidang koding dan biasa dikenal sebagai programmer. Sedangkan tim operation yang biasa disebut sebagai SysAdmin bertugas membangun konten perusahaan dalam software dari programmer.

Artinya, ada dua bidang yang terlibat dalam sistem ini, yaitu jasa programmer serta jasa DevOps SysAdmin. Sehingga bisa dibilang, DevOps Engineer adalah seorang developer yang juga difungsikan sebagai seorang SysAdmin.

Sebelum dikenal adanya sistem DevOps, SysAdmin atau system administrator adalah bidang yang bekerja pengelolaan operasional suatu sistem. Dengan adanya DevOps, seorang developer juga kini bisa sekaligus difungsikan sebagai pengelola sistem.

Sehingga dalam layanan ini, kedua bidang IT tersebut diintegrasikan secara bersamaan untuk mengembangkan aplikasi atau perangkat lunak. Secara umum, gambaran kolaborasi yang terjadi pada sebuah tim DevOps adalah sebagai berikut:

  1. Developer (programmer): menyusun kode serta menyiapkan materi untuk membangun aplikasi atau software perusahaan.
  2. Operations (SysAdmin): mempersiapkan server dan jaringan perusahaan serta melakukan proses upload ke server test dengan mengedit desainnya agar semakin menarik.

Pentingnya Penyedia Layanan dari DevOps SysAdmin di Bidang IT

Untuk membangun personal branding, suatu perusahaan memerlukan jasa DevOps SysAdmin yang berkualitas untuk tetap menjaga user experience. Berikut adalah beberapa tugas atau peran penting jasa DevOps, baik programmer maupun SysAdmin:

  1. Continuous Integration – Melakukan testing berulang untuk menemukan error serta memperbaiki kode secara cepat dengan cara ditangani oleh tim developer dan QA.
  2. Continuous Delivery – Melakukan pengujian manual untuk menemuan error, kemudian hasilnya digunakan untuk melakukan pembaharuan serta perbaikan baru pada aplikasi.
  3. Configuration Management – Melakukan pemeliharaan konfigurasi pada aplikasi dengan memastikan otomatisasi dapat berjalan dengan baik dan maksimal.
  4. Infrastructure as a Code (IAC) – Menyediakan sumber daya, mengembalikan konfigurasi, dan memulihkan data lainnya dari cadangan. IAC merupakan sebuah manajemen infrastruktur aplikasi melalui kode yang bisa diprogram, distandarisasi, serta diduplikasi.
  5. Logging – Melakukan peninjauan setiap kejadian dalam sistem, termasuk keberhasilan proses update dan error. Hasilnya kemudian dibuat sebagai catatan tentang aplikasi secara real time sebagai acuan untuk pemecahan masalah dan mengidentifikasi perubahan.
  6. Monitoring – Mendeteksi seluruh hal yang berkaitan pada sistem, termasuk aplikasi maupun layanan cloud. Jika terdapat anomali/penyimpangan, dibuat catatan untuk perbaikan, sehingga diperlukan hasil dari data log dari proses logging.

Kultur kolaboratif pada DevOps dapat mempercepat alur kerja. Bisa dibilang, manfaat jasa ini di bidang IT berguna untuk melakukan inovasi secara lebih cepat, andal, konsisten, efisien, dan aman melalui kolaborasi.

Oleh karena itu, prinsip utama sistem DevOps adalah dengan menghilangkan pemisahan antara divisi pengembangan dan operasional. Dengan demikian, jasa programmer maupun jasa DevOps SysAdmin dapat bekerja bersama secara lebih efisien.

5/5 - (8 votes)
× Salam, ada yang bisa kami bantu?