Cloud Migration Solution

Solusi terbaik untuk kebutuhan migrasi bisnis kamu ke layanan Cloud

Layanan Pilar Cloud Migration

Sebagai penyedia layanan cloud computing internasional, Pilar Cloud Solution memiliki sejumlah ahli yang kompeten dan siap membantu Anda beralih dari infrastruktur IT model lama, berbekal pengalaman kami membantu klien

Layanan Migrasi Database

  • 🗸 Install & Migration Database : Oracle, MySQL/MariaDB
  • 🗸 Administrasi Database : Backup, Restore, Monitoring Database (CPU,Memory dsb).
  • 🗸 Replikasi Database MySQL/MariaDB
  • 🗸 MySQL/MariaDB Galera Replication
  • 🗸 MySQL Semi Sycn Replication
  • 🗸 Tuning Database : Oracle, MySQL/MariaDB
  • 🗸 Tuning Aplikasi (SQL).

Jasa Migrasi Server Website

  • 🗸 Migrasi Data Website ke Server/Hosting Baru
  • 🗸 Migrasi Database ke Server/Hosting Baru
  • 🗸 Transfer Domain
  • 🗸 Setup VPS/Dedicated Server hingga siap digunakan untuk Web Server (Panel dan Non Panel)
  • 🗸 Setup dan Konfigurasi VPS/Dedicated Server menjadi Web Server, Database Server, DNS Server, dan Mail Server
  • 🗸 Memperbaiki Error di VPS/Dedicated Server terkait Operasional Website Anda
  • 🗸 Memberbaiki Error di Website setelah Migrasi ke Server/Hosting Baru

Layanan Migrasi Email Server

Migrasi Email antar Server

Migrasi Email ke Cloud Server

Jasa Migrasi Server Aplikasi

Under Maintenance

Migration Server to Cloud

Under Maintenance

Migrasi Data Office

  • 🗸 Migrasi File dan Dokument Perusahan ke Cloud
  • 🗸 Migrasi data karyawan ke Cloud
  • 🗸 Custom Migration

F.A.Q Layanan Cloud Migration Solution

F.A.Q seputar layanan Cloud Migration Pilar Cloud Solution

Tentu, silakan hubungi team sales kami untuk konsultasi gratis terkait kebutuhan Cloud Migration bisnis Anda.

Kami support untuk melayani jasa migrasi email server untuk berbagai kebutuhan Cloud Mail Server bisnis Anda.

Tentu, silakan konsultasi lebih lanjut terkait kebutuhan jasa migrasi server bisnis Anda.

Pilar Cloud Solution melayani jasa migrasi Database Mysql, MariaDB, PostgreSQL, Windows SQL Server, NoSQL dan lainnya.

Kami melayani jasa migrasi server website dan database untuk berbagai CMS, Framework dan konfigurasi website.

Kami mempunyai layanan File Cloud Storage Solution untuk solusi terbaik manage data-data karyawan perusahaan Anda.

Silakan hubungi team sales kami untuk estimasi biaya jasa migrasi server website Anda.

Cloud Server Info Update

Informasi terkini seputar Cloud Server Teknologi terbaru

Knowledge Base

Tips Memilih Jasa Migrasi Server Website dan Manfaat Pentingnya

Semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat semua hal bisa dilakukan dengan mudah, termasuk pemindahan server website. Setiap website biasanya sudah dilengkapi dengan server atau hosting yang berbeda-beda kualitasnya. Parameter yang digunakan untuk mengukur kualitas bisa dilihat dari kemampuan server dalam menjalankan tugasnya.

Dalam hal ini, migrasi server website memang sudah bukan lagi menjadi hal baru, tetapi dalam pelaksanaannya harus tetap berhati-hati agar tidak terjadi masalah. Namun tidak perlu khawatir karena jasa migrasi server website sudah bisa didapatkan dengan mudah, hanya saja masalah kualitasnya perlu diperhatikan dengan baik.

 

Tips Memilih Jasa Migrasi Server Website

  • Kenali Jenis Server Hosting yang Ditawarkan

Apabila proses perpindahan yang dilakukan justru tidak membawa dampak perubahan yang baik terhadap website, pastinya hanya akan sia-sia. Pasalnya, tujuan utama pemindahan server adalah agar mendapatkan hosting yang lebih baik sehingga dapat memaksimalkan kinerja dari website yang dimiliki. Untuk itu, mengenali jenis server hosting yang digunakan oleh jasa migrasi server website sangat penting untuk dilakukan agar nantinya tidak salah memilih.

 Setidaknya ada 4 jenis server hosting yang wajib dipahami kinerjanya. Pertama, shared hosting yang menggunakan sistem berbagai dan memiliki resource sangat rendah. Kedua adalah VPS yang tidak lagi menganut sistem berbagai dan lebih baik dari sebelumnya. Lalu, ketiga ada dedicted yang merupakan jenis server dengan klasifikasi sangat tinggi. Kemudian yang keempat adalah Cloud yang memiliki prinsip kerja sangat maksimal.

 

  • Perhatikan Kualitas Layanan Dukungan

Hal yang sering kali dikhawatirkan oleh pengguna adalah ketidaktahuan mengenai kapan server bisa mengalami down atau mendapatkan gangguan. Down bisa terjadi sewaktu-waktu yang dilatarbelakangi karena adanya pengaruh virus, malware, hacker, dan sejenisnya. Untuk itu, sangat penting memilih jasa migrasi server website yang memiliki layanan dukungan sangat responsif atau bahkan selalu siap sedia selama 24/7.

 Layanan dukungan yang berkualitas pasti akan berusaha memberikan service responsif kepada setiap penggunanya. Selain itu, keberadaan live chat, ticketing, dan email juga harus selalu siap sedia agar pengguna bisa mendapatkan fasilitas layanan yang maksimal. Cara mengetahui jasa migrasi tersebut memiliki layanan dukungan yang baik adalah mengecek pada kualitas website promosinya.

 

  • Pilih yang Memberikan Fitur Server Hosting Lengkap

Sebelum memutuskan untuk memilih jasa migrasi server website yang mana, perhatikan dulu fitur server hosting yang ditawarkan. Biasanya, masalah fitur menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengguna untuk memutuskan memilih jasa tertentu. Perlu diingat, Anda harus memilih jasa yang menyediakan berbagai fitur penting, seperti Backup Data, CMS Installation, Database, dan lain sebagainya.

 Biasanya fitur yang nantinya dipilih akan menentukan harga dari server tersebut. Namun, tetap saja, memilih fitur yang benar-benar dibutuhkan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Jika hanya sekadar memilih tanpa pertimbangan apapun, maka bisa jadi server yang dipilih tidak akan cocok pada migrasi website Anda nantinya. Untuk itu, simak dengan benar penawaran setiap fitur yang diberikan oleh jasa tersebut.

 

  • Sesuaikan dengan Budget

Bukan rahasia lagi apabila setiap jasa migrasi server website pasti memberikan penawaran harga yang berbeda-beda. Penawaran harga yang diberikan ditentukan berdasarkan kualitas dari masing-masing jasa. Selain itu, tingkat kepopuleran jasa juga bisa memberikan pengaruh yang besar pada daya tarik warga. Sebab, jasa migrasi yang dinilai populer biasanya memiliki kinerja yang bagus.

Jika sudah menemukan jasa yang tepat, periksa terlebih dahulu apakah penawaran tersebut sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai Anda memilih jasa dengan harga yang tidak sanggup dibeli karena nantinya hanya akan menimbulkan masalah yang pelik. Jika budget terbatas, maka pilih saja jenis server hosting shared atau vps karena bisa dibilang lebih murah dibanding jenis lainnya.

 

  • Perhatikan Riwayat Jasa

Sebelum menentukan hendak memilih jasa yang mana, ada baiknya untuk mengecek riwayat jasa terlebih dahulu. Pengecekan riwayat bisa mencakup banyak hal, seperti misalnya pengalaman. Anda bisa melihat kinerja yang dimiliki oleh jasa tersebut dari memperhatikan sejauh mana pengalaman yang telah dimiliki. Bisa dibilang, semakin lama jasa tersebut berdiri, maka semakin banyak pengalaman yang dilalui.

 Selain itu, jasa migrasi server website pasti memiliki website yang dapat di dalamnya berisi informasi lengkap mengenai jasa. Apabila jasa yang akan dipilih tidak memiliki website, maka Anda perlu meragukannya. Mengapa demikian? Keberadaan website bisa digunakan sebagai tolak ukur untuk melihat seberapa bagus server hosting yang ditawarkan kepada para calon klien.

Pentingnya Menggunakan Jasa Migrasi Server Website 

  • Agar Server Tidak Down

Alasan paling sederhana mengapa perlu menggunakan jasa migrasi server untuk website adalah agar server tidak mengalami down. Tidak dapat dipungkiri apabila melakukan migrasi website tidak semudah seperti yang dibayangkan. Ada banyak kemungkinan server akan tiba-tiba down. Menurut pengalaman banyak orang, biasanya down terjadi selama 12 hingga 72 jam lamanya.

Untuk itu, keberadaan jasa migrasi server website sangat dibutuhkan di sini. Jika Anda bukan orang yang paham dengan dunia IT, pastinya akan sangat kesulitan dalam menyelesaikan masalah server yang sedang down. Berbeda dengan jasa yang sudah berpengalaman, pastinya akan memiliki team yang sudah sangat ahli di bidang migrasi server. Dengan begitu, Anda hanya perlu mengeluarkan uang dan menikmati hasil kerjanya.

 

  • Meningkatkan Performa

Jika Anda bukan orang yang ahli dalam bidang IT, maka pasti akan sulit meningkatkan performa dari server yang digunakan untuk migrasi. Sebab, hal tersebut merupakan bagian yang cukup sulit dalam proses pemindahan website. Terlebih lagi peningkatan performa tidak bisa dilakukan hanya satu kali dua kali, tetapi harus dilakukan secara berkala. Jika tidak, maka peluang server mengalami down akan lebih sering.

Maka dari itu, pentingnya menggunakan jasa migrasi server website akan sangat terasa pada proses ini. Bagi jasa yang sudah berpengalaman, meningkatkan performa bukanlah suatu masalah yang sulit karena hal tersebut merupakan bagian dari penawaran yang mereka berikan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir masalah performa dari server ataupun website karena semua pasti akan teratasi dengan baik.

 

  • Melakukan Monitoring Maksimal

Sesuai dengan namanya, proses monitoring perlu dilakukan terus menerus atau dalam jangka waktu yang panjang. Apabila hanya dilakukan sesekali atau setengah-setengah saja maka hasilnya tidak akan maksimal. Hal tersebut berlaku pula pada monitoring server migrasi website yang membutuhkan perhatian lebih.

Daripada mengorbankan banyak waktu untuk melakukan monitoring, maka lebih efisien untuk menggunakan peran jasa. Anda bisa melakukan kegiatan lainnya yang dapat mendukung atau mengoptimalkan kinerja website dibandingkan harus melakukan monitoring sepanjang waktu.

Demikianlah tips memilih jasa migrasi server website beserta pentingnya menggunakan jasa tersebut. Jika dipertimbangkan dengan baik, menggunakan jasa akan lebih efektif karena Anda bisa membagi waktu dengan melakukan kegiatan lainnya yang berkaitan dengan optimalisasi website.