Sewa VPS untuk Perusahaan

Sewa VPS untuk Perusahaan

Virtual Private Server (VPS) merupakan salah satu tipe server yang menawarkan banyak keuntungan dan banyak digunakan, terutama untuk kebutuhan bisnis. Mengapa demikian? Hal tersebut karena website yang digunakan untuk kebutuhan bisnis umumnya memiliki traffic pengunjung yang tinggi.

Sehingga VPS dipilih karena bisa mengcover kebutuhan tersebut. Sewa VPS untuk perusahaan tidak hanya disebabkan karena traffic pengunjung yang tinggi sehingga bisa menampung performanya secara optimal.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Sewa VPS untuk Perusahaan

VPS ini bekerja dengan membagi atau mengelompokkan satu server guna menghasilkan beberapa server virtual. Nah, serverl virtual inilah yang bisa digunakan sepenuhnya oleh pengguna tanpa harus berbagi dengan pengguna lain. Meskipun begitu, masing-masing server virtual ini sudah dibekali dengan RAM, bandwidth dan CPU dengan kapasitas yang pasti. Menggunakan layanan sewa VPS untuk perusahaan tentu akan memberikan banyak keunggulan. Meskipun begitu, ketika memilih penyedia VPS harus tetap cermat. Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan saat akan menyewa VPS untuk perusahaan.

  1. Ketahui Apa yang Anda Butuhkan

Jika Anda memutuskan untuk sewa VPS untuk perusahaan, maka Anda juga harus mengetahui apa saja yang Anda butuhkan dan apa saja yang Anda dapatkan. Kapasitas ruang penyimpanan (HDD), RAM, CPU dan bandwidth adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan. Jika perusahaan Anda adalah perusahaan yang memiliki prospek perkembangan dalam jangka waktu panjang, maka pertimbangkan pula penyedia VPS yang menawarkan fitur yang memungkinkan Anda untuk menambah kapasitas di masa depan.

  1. Sistem Pengelolaan VPS

Pertimbangan selanjutnya saat Anda akan menyewa VPS server adalah sistem pengelolaannya, apakah ingin Anda kelola sendiri atau dikelola oleh penyedia layanan. Setiap pilihan ini tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Jika Anda memutuskan untuk mengelola sendiri memang akan lebih menghemat pengeluaran, namun konsekuensinya Anda juga harus memiliki staff atau orang yang paham teknologi untuk mengelola server ini. Sedangkan jika Anda memilih opsi dikelola oleh penyedia layanan, maka Anda sudah tidak perlu lagi memikirkan pengelolaan dan perawatan server Anda karena akan dipegang oleh tenaga yang pasti ahli. Tentu saja untuk mendapatkan layanan dari tim khusus guna mengelola VPS Anda ini, Anda harus mengeluarkan budget tambahan.

  1. Sistem Operasi yang Digunakan

Sebelum Anda memutuskan dan memilih penyedia sewa VPS untuk perusahaan yang akan Anda gunakan, perhatikan dulu sistem operasi yang akan Anda gunakan. Umumnya, penyedia layanan VPS akan memberikan dua pilihan sistem operasi, yaitu Windows dan Linux. Tentu saja keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Misalnya jika Anda membutuhkan sistem operasi yang mendukung teknologi open source, maka sudah pasti Linux adalah pilihan yang tepat. Namun jika Anda ingin mengembangkan website yang berbasis .net atau aplikasi-aplikasi yang Anda gunakan kebanyakan berbasis Windows dan memang hanya dirancang untuk Windows, maka sistem Operasi Windows yang harus Anda pilih.

Kini Anda sudah tahu bukan, apa saja pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum memilih layanan sewa VPS untuk perusahaan yang akan digunakan? Memilih menggunakan VPS memang lebih menguntungkan, apalagi jika website yang dikembangkan memang dikembangkan secara khusus untuk kebutuhan bisnis. Dengan VPS Anda akan mendapatkan keunggulan yang tidak diberikan oleh shared hosting namun dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan sewa dedicated server. Dengan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan tersebut, Anda akan bisa menentukan layanan VPS yang sesuai dengan kebutuhan website yang Anda kelola.

Leave a Reply

Your email address will not be published.