Apa Itu VPS? Inilah Hal-Hal Penting Seputar VPS yang Penting Diketahui

Apa Itu VPS? Inilah Hal-Hal Penting Seputar VPS yang Penting Diketahui

Bagi Anda yang sudah berkecimpung dalam dunia IT tentu sangat akrab dengan istilah VPS. Namun untuk kalangan awam, masih sedikit yang memahami apa itu VPS. Padahal keberadaannya semakin dibutuhkan mengingat kebutuhan hosting dalam berbagai kepentingan kian meningkat.

Berikut informasi ringkas seputar pengertian VPS beserta fungsi dan cara kerjanya.

Mengenal Apa Itu VPS dan Seluk-Beluknya

1. Pengertian VPS
Komputasi server di masa sekarang telah menciptakan beragam produk, salah satunya dinamakan VPS. Secara mudahnya, VPS dapat dipahami sebagai server pribadi di mana keseluruhan resource-nya dipakai hanya oleh satu pengguna tanpa ada pengaruh dari pengguna lainnya. Pengguna tunggal ini pun dapat melakukan konfigurasi secara penuh.

Teknologi yang disematkan pada VPS yaitu virtualisasi piranti keras berupa server fisik yang terbagi dalam beberapa resource berbeda. Dinamakan virtual karena pembagiannya didasarkan pada penggunaan software. Oleh karena itu meskipun pada satu server fisik, bisa dijalankan beberapa VPS sekaligus.

Jika Anda bertanya-tanya apa itu VPS dalam gambaran lebih sederhana, berikut perumpamaannya. Bayangkan pada sebuah perumahan terdapat kompleks dan Anda tinggal di sebuah rumah. VPS merupakan rumah yang menjadi tempat Anda tinggal, kemudian kompleks tersebut adalah server fisik.

Bagaimanapun aktivitas Anda di rumah tersebut, tidak akan mengganggu rumah lain di sekitar. Sama halnya dengan VPS, mau Anda lakukan konfigurasi dan manajemen seperti apapun, selama komponen internalnya berfungsi dengan baik maka tak akan mengganggu server lain. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan VPS: kebebasan dalam konfigurasi dan setting.

2. Fungsi VPS
Setelah mengetahui apa itu VPS, selanjutnya Anda perlu memahami apa fungsi dan kegunaan VPS. Pertama, VPS berfungsi sebagai server website. VPS dipakai dalam hal eksekusi halaman website, atau dikenal pula dengan istilah web hosting. Pengguna butuh menggunakan VPS ketika layanan memerlukan resource tinggi agar load tidak lama karena trafik padat.

Kedua, VPS juga berfungsi sebagai file hosting. VPS dapat menyimpan file-file yang sifatnya pribadi sehingga bisa diakses dengan menggunakan koneksi internet dari mana saja. Kapasitas penyimpanan VPS bergantung pada paket yang dipilih pengguna, sehingga besarnya disk space pun bisa disesuaikan kebutuhan.

VPS pun telah dilengkapi fungsi backup server utama. Fungsi lain VPS yaitu untuk mengembangkan dan mengetes aplikasi yang tengah dikembangkan. Hal ini dikarenakan VPS bisa berperan sebagai hosting aplikasi. VPS dapat membangun custom mission critical software di mana pengguna tidak harus mengeluarkan budget tinggi. Praktis, bukan?

3. Cara Kerja VPS
Sesuai kepanjangan apa itu VPS yaitu Virtual Private Server, maka cara kerjanya pun dikonsep secara virtual. Pada setiap virtual server telah disetting agar mampu melayani OS dan software dengan mandiri. Pengguna bisa mengonfigurasikan sendiri sesuai keperluan, dengan catatan settingnya dilakukan secara tepat agar tidak timbul masalah.

Setiap VPS bisa diatur agar menjalankan fungsi add, delete, modify jenis file apapun termasuk dalam kategori root. Meskipun tidak harfiah menempati server tunggal, VPS dapat bekerja sebagaimana server tunggal. VPS mempunyai kendali dalam hal user, process, serta files, hingga menyediakan access full root yang terhubung dengan IP sendiri.

Itulah penjelasan seputar apa itu VPS beserta fungsi dan cara kerjanya. VPS bisa dijadikan sebagai shared hosting alternatif yang mampu menjalankan web server. Ketika Anda menggunakan layanan VPS pun sumber daya yang dipakai akan bersifat mandiri dan tidak terpengaruh user lain. Inilah mengapa VPS dipakai pada saat trafik website tinggi, karena dapat mencegah overload.

Pilar Cloud Solution memberikan solusi sewa vps murah untuk server linux dan windows server full jasa manage dan maintenance server vps untuk lokasi di Singapore, USA, Jakarta, Jepang, dan negara lainnya.

Selain menyediakan jasa sewa VPS terbaik Pilar Cloud Solution juga memberikan layanan Sewa VPN, Jasa Installasi Server, Jasa Konfigurasi Server Linux, Jasa Installasi VMWare, Konfig Database (Postgresql, Mysql, Ms SQL Server dan lainnya), Jasa Manage VPS, Jasa Maintenance Server, Penjualan Lisensi Cpanel dan lainnya.

Konsultasi Gratis 24/7 untuk berbagai kebutuhan cloud server dan  IT Solution.

Leave a Reply

Your email address will not be published.