Tips Memilih Penyedia Layanan VPS Berkualitas

Tips Memilih Penyedia Layanan VPS Berkualitas

Penggunaan virtual server seperti VPS saat ini menjadi pilihan utama dalam mendukung performa sebuah website. Jika dibandingkan dengan menggunakan shared hosting, virtual private server (VPS) ini tentu menawarkan performa yang lebih unggul. Semakin banyak permintaan penggunaan VPS, maka berpengaruh pada semakin banyaknya penyedia layanan VPS yang bisa Anda temukan di luaran sana.

Bagaimana dan Apa Saja yang Dipertimbangkan saat Memilih Penyedia Layanan VPS
Banyaknya jasa yang menawarkan layanan VPS pada satu sisi memang menguntungkan sebab Anda yang membutuhkan layanan ini bisa memiliki lebih banyak pilihan. Sedangkan di sisi lain, Anda juga dituntut untuk lebih cermat dalam memilih penyedia layanan yang terbaik. Maka dari itu, sebelum memilih salah satu jasa penyedia VPS untuk website, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Tentukan Dulu Tujuan Penggunaan VPS
Hal paling awal yang harus Anda perhatikan adalah tujuan penggunaan VPS ini. VPS bukan hanya digunakan untuk menjalankan dan menyimpan sebuah website saja. VPS ini bisa digunakan untuk fungsi, bahkan hingga penggunaan untuk spesifikasi tinggi. Dengan kemampuannya VPS ini bisa digunakan sebagai web hosting hingga internet of things.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan Pengunjung
Selanjutnya, sebelum memilih jasa penyedia layanan VPS, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan visitor website Anda. Ketika Anda mengetahui kebutuhan pengunjung, maka Anda juga akan bisa lebih efektif dalam menentukan apakah akan menggunakannya atau tidak.

3. Perhitungkan Kapasitas Bandwidth yang Diberikan
Kebanyakan layanan VPS yang ditawarkan pasti memberikan batasan atau limit bandwidth untuk penggunanya. Bandwidth sendiri merupakan kapasitas atau besarnya data maksimal yang bisa ditransfer. Ketika kapasitas bandwidth ini sudah habis, maka akan berpengaruh pada speed bahkan bisa menyebabkan suspend dari penyedianya.

Karena itulah saat memilih penyedia layanan VPS pastikan Anda mengetahui atau paling tidak memperhitungkan traffic serta konten di dalam situs tersebut. Hal ini dilakukan juga untuk menghindari adanya biaya tambahan saat menggunakan layanan VPS ini.

4. Pertimbangkan Teknologi yang Digunakan, RAM dan CPU
Hal ini merupakan pertimbangan dasar yang bisa Anda terapkan dalam memilih web hosting ataupun VPS. Pastikan saat memilih, penyedia VPS tersebut sudah menggunakan teknologi terbaru, yang mana nantinya teknologi baru yang digunakan ini pastinya akan lebih memudahkan dalam pengelolaan website. Misalnya dalam hal ini adalah software apa saja yang didukung.

Selain teknologi, kapasitas RAM dan CPU juga harus menjadi pertimbangan. VPS memang menawarkan keunggulan berupa kapasitas yang tinggi, sehingga Anda bisa menambahkan semakin banyak website dalam VPs tersebut. Namun ingat, semakin banyak website maka akan berpengaruh pada performanya. Karena itu, pilih VPS dengan kapasitas RAM yang besar.

5. Keamanan Datanya
Tips selanjutnya yang harus Anda terapkan saat memilih penyedia layanan VPS adalah keamanan datanya. VPS sendiri pada dasarnya sudah menawarkan layanan dengan keamanan data yang lebih baik. Namun sebagai pengguna, Anda masih harus mengecek ulang keamanan data itu, Anda bisa menanyakan tentang virtualisasi yang digunakan. Tidak semua VPS yang ditawarkan dengan harga mahal bisa memberikan keamanan data lebih. Begitu pula dengan dengan VPS yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Jadi, pintar-pintarnya Anda saja dalam memilih.

Itu tadi adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih penyedia layanan VPS berkualitas terbaik. Karena semakin banyak yang menggunakan VPS maka akan semakin banyak pula jasa yang menawarkan layanan ini. Jadi, agar tidak kecewa dengan kualitas layanan yang diberikan, tidak ada salahnya cermat dalam memilih.

Layanan Pilar Cloud Solution untuk berbagai solusi sewa VPS Server bisnis Anda :

  • vps indonesia
  • vps indonesia terbaik
  • vps windows indonesia
  • vps ip indonesia
  • cloud vps
  • vps windows murah
  • best indonesia vps

Leave a Reply

Your email address will not be published.