Layanan Setup VPS Terlengkap

Layanan Setup VPS Terlengkap

Sebelum VPS digunakan maka terlebih dahulu Anda harus melakukan setup. Setup merupakan suatu proses pemasangan atau instalasi VPS agar dapat menjadi aktif. Pada proses pemasangannya, butuh bantuan tenaga ahli yang menawarkan layanan setup VPS atau Anda ingn mencobanya sendiri. Sebenarnya, memasang virtual server tidak terlalu sulit, Hanya saja jika dilakukan oleh seorang pemula tentunya akan sedikit rumit.

Biasanya Anda akan diberi akses ke bagian control panel usai berhasil mendaftarkan akun. Nah, dalam control panel hosting tersebut Anda diharuskan mengkonfigurasikan akun supaya dapat dipakai. Tidak perlu bingung mencari caranya, perhatikan baik-baik langkah mengkonfigurasikan VPS berikut ini.

Beberapa Langkah Tahapan Mengkonfigurasikan Layanan Setup VPS

  1. Melalui Secure Shell (SSH)

Website tidak hanya bisa diakses melalui browser saja namun menggunakan cara lain seperti FTP (File Transfer Protocol) juga memungkinkan Anda untuk melihat, mengunduh, mengupload, hingga mengedit file yang ada pada server. Meskipun tampaknya FTP sangat berguna, tetapi dalam mengkonfigurasikan sewa VPS murah perlu SSH. Tipe protokol Secure Shell yang paling sering digunakan oleh penyedia layanan setup VPS.

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, ketika orang tersebut telah berhasil melakukan pendaftaran maka informasi yang dipegang meliputi username dan password serta alamat IP server. Demi mengaktifkan VPS setidaknya membutuhkan satu root untuk membuat koneksi. Sedangkan SSH ini sendiri dibagi menjadi 2 yaitu PuTTY dan Bitvise.

PuTTY memiliki tampilan yang minimalis dan cocok dengan layanan setup VPS yang ingin fokus ke bagian manajemen servernya. Sedangkan Bitvise memiliki tampilan menyerupai windows classic yang berwarna biru. Walaupun begitu penampilan tidak terlalu penting karena setup VPS dilakukan di bagian lain yaitu command line. Putuskan ingin memakai SSH tipe apa dan segera lakukan login untuk tahap selanjutnya.

  1. Memperbarui Server

Usai login berhasil maka nantinya akan muncul menu tampilan yang ditulis dalam bahasa Unix dan tandanya Anda harus melakukan pembaharuan secara rutin. Versi terbaru hasil pembaruan ulang akan semakin banyak menerima manfaat seperti tingkat keamanannya terjaga, bug diatasi, dan lain sebagainya. Cara mengupload software terbaru yaitu dengan masuk ke command line lalu memilih bagian apt update baru tekan enter.

  1. Menggunakan Fitur Public Key Authentication

Agar VPS semakin aman maka dalam proses setup bisa ditambahi dengan public key authentication yang berguna dalam pembuatan kunci password secara private dan publik. Lalu, public key akan disimpan oleh servernya langsung untuk mengidentifikasi private key. Keduanya akan membuat tingkat keamanan semakin terjaga sehingga bisa leluasa menggunakannya.

  1. Memasang Firewall

Server tidak cukup hanya dengan menggunakan public key Authentication. Anda harus meningkatkan keamanannya lagi dengan cara mengunduh firewall. Seperti namanya, software ini berguna dalam mengawasi arus data yang mengalir sekalian mengontrolnya. Sebenarnya penginstallan software ini cukup rumit dan agak susah dipratekkan. Lebih banyak tenaga ahli di luar sana terutama yang menyediakan layanan setup VPS akan melengkapi proses konfigurasi virtual private dengan firewall.

Jadi begitulah beberapa tahapan cara mengkonfigurasikan layanan setup VPS. Diluar sana banyak yang menawarkan jasa setup VPS dan beraneka ragam paket yang ditawarkan. Dalam sebuah layanan setup maka dibagi lagi menjadi 3 tipe. Pertama adalah basic atau hal umum premium, dan standard. Anda bebas mau memakai jasa layanan ini atau tidak karena semuanya tergantung usaha. Apabila memang dirasa tidak bisa melakukan proses setup VPS secara mandiri, solusi alternatifnya adalah menyewa jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.