Jasa setting windows server

Jasa setting windows server

Bagi anda yang ingin memulai atau sudah memiliki sebuah perusahaan, memiliki sebuah website menjadikan nilai lebih untuk perusahaan yang anda miliki. Dan untuk membuat website dibutuhkan server untuk dijadikan host sebuah website. Dari sekian banyak model sistem operasi untuk server, windows server bisa menjadi pilihan yang baik. Windows server sendiri terdiri dari beberapa versi dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, disinilah jasa setting windows server dibutuhkan.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Atau Memilih Sebuah Server

  1. Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan data adalah salah satu hal yang harus diperhatikan ketika membangun sebuah server. Jika kapasitas penyimpanan server terlalu kecil, menjadi sulit ketika akan menambahkan data baru. Kebutuhan dalam kapasitas penyimpanan server tergantung dari perusahaannya. Semakin besar perusahaan semakin besar pula kapasitas yang diperlukan. Apalagi jika perusahaan anda berhubungan dengan dunia digital kapasitas penyimpanan akan semakin membesar dari waktu ke waktu.

  1. Jumlah pengguna

Berapa banyak pengguna akan sangat mempengaruhi dalam membangun sebuah server yang optimal. Jika aktivitas bisnis anda termasuk ringan, membangun server dengan spesifikasi yang rendah bisa menjadi sebuah opsi yang baik. Tapi bagaimana jika aktivitas bisnis anda termasuk besar dan jumlah pengguna yang terhitung banyak? Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan rumus, jumlah pengguna x rasio aktivitas bisnis x jumlah pengguna. Dengan rumus tersebut bisa mempermudah untuk membangun sistem server yang sesuai dan optimal.

  1. Layanan

Sebuah server akan bekerja selama 7×24 jam yang berarti server akan beroperasi tanpa berhenti. Hal tersebut membuatnya sangat penting untuk terus memantau kinerja sebuah komputer server.

  1. Stabilitas server

Ketika server mengalami downtime lebih dari 3 jam, itu bisa berakibat sangat buruk untuk sebuah perusahaan dan dianjurkan untuk mengganti atau berpindah ke server yang baru. Server selalu aktif selama 7×24 jam hingga beberapa tahun kedepan. Sebuah server pasti akan mengalami down, tapi frekuensi dan waktunya tergantung jenis dan kualitas server, maka dari itu memilih sistem operasi server sangatlah penting, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

  • Nilai investasi : Nilai investasi tidak bisa dilihat hanya dari harga dari sistem operasi, tetapi juga investasi finansial yang berhubungan dengan sistem operasi tersebut, seperti harga dari sistem operasi, biaya, pelatihan penggunaan, upgrade, maintenance dan instalasi sistem operasi

  • Dukungan aplikasi : Aplikasi yang dimaksud disini aplikasi yang ada bagi server dan mudah untuk didapatkan. Aplikasi tersebut berhubungan dengan optimalisasi sebuah server, seperti Backup application, Server application, Firewall dan Scheduled Task.

  • Fitur sistem operasi : Selain aplikasi, fitur yang terdapat pada sistem operasi juga penting untuk kemampuan tambahan yang krusial bagi sebuah server, antara lain: Dukungan bahas pemrograman, Kemampuan remote administration dan Kemudahan dalam penggunaan.

  • Dukungan pada hardware : Sebuah server merupakan perpaduan antara hardware dan software, karena hal itu perlu diperhatikan jika software atau sistem operasi yang dipilih bisa menunjang kinerja semua hardware yang digunakan agar bisa berjalan dan bekerja secara optimal.

  • Stabilitas sistem operasi : Karena sever harus bekerja selama 7×24 jam, kestabilan sebuah sistem operasi menjadi sangat krusial untuk sebuah server. Dengan kestabilan sebuah sistem operasi membuat downtime sebuah server menjadi jauh lebih kecil.

Dengan banyaknya hal yang harus diperhatikan ketika akan membangun sebuah server membuat Anda harus berhati-hati dalam menentukan pilihan. Semua hal diatas semoga bisa menjadi pertimbangan anda untuk menggunakan jasa setting windows server.