Jasa Maintenance Windows Server

Jasa Maintenance Windows Server

Agar kinerja PC tetap baik, harus dilakukan oleh jasa maintenance windows server. Sejumlah pemeliharaan yang harus dilakukan secara rutin setidaknya sebulan sekali. Sebuah jaringan komputer terdiri dari beberapa perangkat yang tersusun di dalamnya. Salah satunya komputer server.

Komputer server merupakan perangkat sangat penting yang ada pada sebuah jaringan komputer. Hal ini jelas karena perangkat tersebut memiliki fungsi yang luar biasa untuk mengatur seluruh aktivitas pada jaringan. Komputer server menghubungkan seluruh perangkat pada jaringan, khususnya komputer klien.

Pemeliharaan yang Dilakukan Oleh Jasa Maintenance Windows Server

Agar kinerja PC Anda selalu maksimal selama penggunaannya, ada beberapa pemeliharaan yang dilakukan oleh jasa maintenance. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Update Windows

Jasa maintenance windows server ini penting untuk dilakukan secara rutin. Windows bisa memperbarui dirinya sendiri, tetapi akan lebih baik jika Anda juga memeriksanya dari waktu ke waktu.

Settings > Update & Security > Windows Update. Lalu klik Check for Updates. Di sana Windows akan memberi tahu apabila ada pembaruan yang perlu dipasang.

  1. Memperbarui software yang terpasang

Selain melakukan update Windows, harus dilakukan pengecekan software yang digunakan masih kompatibel atau tidak. Upaya ini diperlukan untuk mencegah terjadinya lagging.

Selain itu, software versi terbaru biasanya bekerja lebih baik dan memiliki fitur yang lengkap. Untuk melakukan jasa maintenance windows server Anda bisa mengunjungi Help > Check for Updates atau Options > Check for Updates.

  1. Back up data

Oleh karena itu, membuat cadangan data adalah bagian dari pemeliharaan rutin yang harus dilakukan. Back up data dapat dilakukan memakai software tertentu atau menggunakan fasilitas dari Windows.

Anda bisa melakukannya di Settings > Update & Security > Backup. Anda dapat mengatur sendiri pengaturan mengenai tempat back up, waktu, dan lain-lain.

  1. Membersihkan PC

Maksud dari kegiatan jasa maintenance windows server adalah dengan menghapus file dan program yang tidak Anda butuhkan lagi. Windows sering menghasilkan banyak file tidak terpakai sebagai hasil dari segala aktivitas di PC.

Anda perlu mengakses Disk Cleanup, pilih drive mana yang ingin Anda bersihkan, kemudian Windows akan membersihkannya dengan otomatis.

  1. Memindai malware.

Malware atau malicious software adalah program atau file yang dapat membahayakan pengguna komputer. Terdapat beberapa tipe malware, seperti virus, worm, spyware, dan trojan horse. Mereka dapat merusak, menyembunyikan, dan menggandakan file, sehingga membuat kinerja PC tidak maksimal.

  1. Cek pengaturan penting di Windows

Windows sering tidak memberi tahu pengguna mengenai perubahan apa yang ada setelah update. Oleh karena itu, setelah menginstall pembaruan, ada baiknya pengguna untuk memeriksa pengaturan baru.

Anda juga bisa menyesuaikan jasa maintenance windows server. Caranya adalah dengan masuk ke Settings, pilih jenis pengaturan yang ingin Anda cek, kemudian ubah setelah sesuai dengan preferensi.

  1. Mengoptimalkan disk

Anda bisa melakukan hal ini dengan Disk Defragmentation. Ini adalah proses penggabungan antara file yang terpisah pada hard drive pengguna. Dengan menyatukan semua bagian file, pengambilan data akan lebih efisien sehingga kinerja pun meningkat.

Di saat yang bersamaan, Disk Defragmentation juga bisa membersihkan ruang penyimpanan di PC. Untuk melakukannya, masuk ke Explorer > This PC > klik kanan drive C: > Properties > Tools > Optimize. Setelah itu pilih C: dan klik Optimize. Biasanya hanya drive C: saja membutuhkan optimalisasi, karena sebagian besar aktivitas PC bekerja di sana.

Pekerjaan diatas dapat dilakukan sendiri oleh pegawai TI di dalam perusahaan atau oleh tenaga ahli. Apabila dilakukan oleh tenaga ahli, jasa maintenance windows server dan Jasa Manage Server lebih aman dan lebih terjamin kualitasnya.

5/5 - (11 votes)
× Salam, ada yang bisa kami bantu?