Sewa Dedicated Server

Sewa Dedicated Server

Dedicated server merupakan sebuah layanan yang bermanfaat untuk penyimpanan server secara menyeluruh dan utuh tanpa ada pembagian dengan pengguna lainnya. Dengan sewa dedicated server, maka perusahaan dapat memanajemen seluruh aktivitas seperti pemilihan hardware, sistem operasi, dan lain sebagainya. Perusahaan tidak memerlukan instalasi dan juga penyediaan hardware yang lain.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Sewa Dedicated Server?
Dedicated server mempermudah perusahaan dalam menjalankan manajemennya karena satu server menjadi milik perusahaan pribadi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Situs perusahaan dapat berjalan secara optimal karena tidak adanya bandwitch atau pembatasan lalu lintas. Dengan menggunakan layanan dedicated server, traffic pengunjung situs akan meningkat.

Jasa setting Dedicated server menawarkan fleksibilitas dan kekuatan yang luar biasa. Akan tetapi, harganya termasuk premium. Oleh karena itu, jika perusahaan mampu menggunakan layanan sewa dedicated server ini, akan banyak keuntungan yang didapatkan perusahaan karena adanya beberapa kelebihan yang dimilikinya. Berikut beberapa kelebihan dedicated server :

  • Lebih fleksibel
    Layanan dedicated server memberikan ruang gerak yang lebih bebas untuk perusahaan karena layanan tersebut memberikan fleksibilitas seperti kebutuhan perangkat lunak, ruang disk, RAM, dan CPU. Perusahaan bisa memiliki lingkungan server dengan menyesuaikan kebutuhan mereka dengan menggunakan layanan dedicated server.
  • Lebih hemat biaya operasional
    Perusahaan bisa menggunakan opsi hosting khusus yang disediakan oleh layanan dedicated sercer. Hosting khusus tersebut dapat meminimalisir biaya yang membengkak akibat kebutuhan pembelian ruang server maupun kebutuhan peningkatan laba atas investasi perusahaan. Hosting khusus tersebut menangani pemeliharaan dan pembangunan server.
  • Mendapatkan sumber daya penuh
    Dengan sewa dedicated server, adanya skrip buruk pada situs web lain yang dapat menyumbat RAM dan CPU server serta lonjakan penggunaan bandwitch tidak akan berpengaruh terhadap server perusahaan. Layanan ini akan memberikan sumber daya penuh pada perusahaan yang berasal dari server tunggal.
  • Mendapatkan akses administrasi
    Perusahaan yang menggunakan layanan dedicated server akan mendapatkan akses administrasi atau akses root administrator sesuai dengan pengaturan yang diinginkan atau dibutuhkan. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan instalasi program aplikasi server yang biasanya dilakukan bersama konfigurasi custom.
  • Kinerja dan keamanan meningkat
    Situs perusahaan lebih terjamin keamanan dan kinerjanya jika menggunakan layanan dedicated server. Apabila situs perusahaan menerima lalu lintas dalam jumlah banyak, maka dengan sewa dedicated server, maka ruang situs perusahaan tidak akan berbagi dengan situs web berbahaya maupun calon pelaku spam.

Sedangkan kekurangan menggunakan layanan dedicated server salah satunya adalah persoalan biayanya saja. Untuk menggunakan layanan tersebut, perusahaan perlu mengeluarkan budget besar. Akan tetapi, biaya yang premium sebanding dengan yang akan diterima oleh perusahaan. Semua kuasa ada pada tangan perusahaan sehingga perusahaan bisa memanajemen perusahaan lebih baik.

Yang kedua adalah perusahaan harus mempunyai sumber daya dengan skill pengelolaan situs yang handal seperti kemampuan mengelola database, hardware, OS, jaringan, hingga sistem keamanannya. Karena permasalahan pada situs harus ditangani sendiri oleh perusahaan karena data perusahaan sangat sensitif dan sifatnya rahasia.

Kesimpulannya, perusahaan yang menggunakan layanan dedicated server bisa berkuasa penuh terhadap situs perusahaannya sendiri. Layanan tersebut bisa memberikan kontrol terhadap situs perusahaan secara penuh sehingga ruang geraknya lebih leluasa. Walaupun biaya sewa dedicated server termasuk premium, akan tetapi sebanding dengan segala hal yang akan diterima perusahaan.