Mengenal Jelastic PaaS

Mengenal Jelastic PaaS

Jelastic adalah platform sebagai layanan (PaaS) yang dirancang untuk memudahkan pengelolaan dan penyebaran aplikasi cloud. Berikut adalah beberapa poin kunci terkait dengan Jelastic PaaS:

  1. Multi-Cloud Support:
    • Jelastic mendukung model multi-cloud, yang memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi Anda di berbagai penyedia infrastruktur awan (cloud) seperti AWS, Microsoft Azure, Google Cloud, dan penyedia cloud lainnya.
  2. Auto-Scaling:
    • Fitur auto-scaling memungkinkan penyesuaian otomatis kapasitas sumber daya (seperti CPU, RAM, dan instance) sesuai dengan kebutuhan beban kerja aplikasi Anda. Ini membantu meningkatkan efisiensi dan kinerja aplikasi.
  3. Containerization:
    • Jelastic menggunakan teknologi kontainer (contoh: Docker) untuk mengemas dan menyediakan aplikasi. Ini memungkinkan portabilitas aplikasi di berbagai lingkungan yang mendukung kontainer.
  4. Sederhana dan Fleksibel:
    • Antarmuka pengguna Jelastic dirancang untuk memudahkan penggunaan dan manajemen aplikasi. Ini dapat digunakan oleh pengembang dan operator IT dengan tingkat keahlian yang berbeda.
  5. Dukungan Bahasa Pemrograman:
    • Jelastic mendukung berbagai bahasa pemrograman, termasuk Java, PHP, Ruby, Python, Node.js, dan lainnya. Ini memberikan fleksibilitas kepada pengembang untuk memilih teknologi yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi mereka.
  6. Marketplace Aplikasi:
    • Jelastic menyediakan marketplace aplikasi di mana Anda dapat menemukan dan menginstal berbagai solusi aplikasi dan stack perangkat lunak populer secara cepat.
  7. Dukungan Kontainer Multi-Tenant:
    • Model multi-tenant Jelastic memungkinkan pengguna untuk berbagi satu instance platform, tetapi secara terisolasi satu sama lain untuk keamanan dan privasi.
  8. Pengelolaan Lingkungan (Environment):
    • Jelastic memungkinkan Anda membuat dan mengelola lingkungan (environment) untuk aplikasi Anda, yang mencakup server, basis data, dan sumber daya lainnya yang diperlukan.
  9. Integrasi CI/CD:
    • Jelastic mendukung integrasi dengan alat-alat Continuous Integration dan Continuous Deployment (CI/CD) seperti Jenkins, Git, dan Maven untuk otomatisasi siklus pengembangan aplikasi.
  10. Keamanan dan Pemantauan:
    • Jelastic menyediakan fitur keamanan tinggi dan pemantauan kinerja aplikasi. Ini mencakup kontrol akses, enkripsi data, serta pemantauan dan laporan kinerja.

Penting untuk mencatat bahwa Jelastic terus berkembang, dan fungsionalitas serta fitur dapat berubah seiring waktu. Sebelum menggunakan Jelastic, disarankan untuk merujuk ke dokumentasi resmi mereka atau mendapatkan informasi langsung dari situs web Jelastic untuk memastikan pemahaman yang akurat tentang platform ini.

Rate this post
× Salam, ada yang bisa kami bantu?