Perbedaan antara Sub Domain, Parked Domain, dan Add-on Domain

Perbedaan antara Sub Domain, Parked Domain, dan Add-on Domain

Pada cPanel terdapat Sub Domain, Parked Domain dan Add-on Domain. Ketiga hal ini masing-masing berbeda.

MAIN DOMAIN

Paket hosting tidak akan berfungsi jika tidak memiliki domain.

Jadi minimal sebuah paket hosting akan selalu memiliki 1 buah domain yang dipasangkan kepadanya, yakni Main Domain (Domain Utama) ini.

DOMAIN TAMBAHAN (Add-on Domain)

Sebuah paket hosting, akan memiliki sejumlah sumberdaya yang dialokasikan untuknya.  Sumberdaya yang dimaksudkan adalah CPU (prosesor), RAM (memory) dan Disk Space (kapasitas disk).

Tergantung dari besarnya masing-masing paket hosting, kadangkala 1 buah paket hosting hanya digunakan untuk kepentingan 1 buah website saja (dan oleh karena itu hanya dipasangkan dengan 1 buah domain, yakni Main Domain tadi).  Namun ada kalanya juga, 1 buah paket hosting digunakan untuk lebih dari 1 buah website (meng-“host” lebih dari 1 buah website/domain).  Nah, domain-domain tambahan lain selain dari Main Domain tersebut, kita namakan atau kita sebut sebagai Domain Tambahan.

PARK DOMAIN

Park Domain (atau domain yang di-parkir-kan) adalah domain tambahan yang kita tambahkan ke Main Domain dari suatu paket hosting tertentu.  Domain jenis ini hanya digunakan sebagai alias (nama lain, atau redirect) dari Main Domain yang bersangkutan.

Sebagai contoh, Main Domain paket hosting Anda adalah www.satu.com

Lalu Anda tambahkan sebuah Park Domain di cPanel paket hosting Anda sebuah domain www.satu.net

ADD ON DOMAIN

Add On Domain adalah domain tambahan yang kita tambahkan ke Main Domain dari suatu paket hosting tertentu.  Berbeda dengan Park Domain, domain jenis ini bukan diperuntukkan untuk kepentingan redirect.  Domain jenis ini bisa kita kembangkan menjadi sebuah website independen – dengan menggunakan sumberdaya paket hosting yang sama (dengan kata lain, CPU – RAM – Disk Space paket hosting bersangkutan berbagi pakai dengan website/domain yang di-“host”-kan pada paket hosting yang sama).

SUBDOMAIN

Subdomain sebenarnya bukanlah sebuah domain.  Subdomain hanyalah pembagian ruang di dalam suatu domain tertentu.

Previous Merubah PHP Version
Table of Contents