Jasa Linux System Administrator

Jasa Linux System Administrator

Bagi para sysadmin dan network, adanya linux dalam dunia server bukan lagi suatu hal yang baru, bahkan muncul pula berbagai jasa linux system administrator. Ada banyak server-server internet malah menggunakan sistem server yang berbasis linux.

Meskipun demikian, juga banyak network dan sysadmin di Indonesia yang secara total memakai sistem windows server dan tanpa mau mengetahui atau menyentuh linux server sama sekali. Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan keberadaan sistem operasi linux.

Manfaat Setelah Menggunakan Jasa Linux System Administrator

  • Mengurangi Biaya Lisensi
    Setelah menggunakan jasa linux system administrator, manfaat pertama yang diperoleh yakni mengurangi biaya lisensi. Dengan menggunakan sistem tersebut untuk menggantikan windows server, beberapa fungsi dapat tergantikan seperti web server, FTP server, proxy server, mail server, file server, backup server, dan lain-lain. Secara value memang penghematan tidak terlalu terlihat signifikan. Tapi yang jelas tak terdapat biaya guna Clien Acces License ataupun lisensi sistem. Apabila belum pernah memakai jasa linux system sama sekali, cobalah beberapa service yang konfigurasinya mudah.
  • Media Lokalisasi Data yang Terinfeksi
    Apabila terdaoat data yang terinfeksi atau tercemari oleh virus, menyimpannya di harddisk atau share folder yang berbasis Windows, maka sama dengan memelihara virus tetap aktif. Apabila terdapat data yang tercemar oleh virus dan masih belum dibersihkan, Anda dapat memakai sistem linux untuk lokasi menyiimpan data. Virus dijamin akan langsung dapat dilumpuhkan apabila berada di lingkungan linux. Anda bahkan dapat menghapus data virus dengan mudah apabila membukanya di lingkungan linux.
  • Pelindung Untuk Sistem Windows
    Manfaat selanjutnya memakai jasa linux system administrator yakni sebagai pelindung untuk sistem window. Mengingat mekanisme dan struktur yang dimiliki oleh sistem linux lebih resisten dari windows server. Linux dapat dijadikan sebagai front-end bagi server-server yang mana berhadapan dengan internet. Contohnya saja mail server linux dapat dijadikan sebagai front-end dan media buffer mail server yangmana dipublish keluar. Sementara, untuk mail server windows akan menjadi sebuah back-end untuk pengguna internal. Untuk contoh yang lainnya yaitu server linux dapat dijadikan sebagai media gateway untuk trafik akses bagi data yang masuk maupun keluar ke lingkungan linux.
  • Server Virtualisasi Bagi Windows
    Apabila menginginkan suatu sistem windows yang cepat dan mudah untuk direstore dan backup, Ada dapat memakai sistem yang berbasih dengan linux server untuk host virtualisasi. VMWare, VirtualBox, KVM, dan Xen Hypervisor bisa dipakai untuk menjalankan sebuah sistem windows yang diatas linux memakai skema virtual server. Skema tersebut minimal akan memberikan dua keuntungan yang akan diperoleh. Keuntungan tersebut yaitu restore yang dapat diotomatisasi, memudahkan untuk proses backup, serta resistensi pada server induk.
  • Emergency Rescue
    Manfaat yang didapat dari menggunakan jasa linux system administrator yakni, dengan sistem tersebut dapat dijadikan sebagai penyelamat data karena dapat berjalan dalam modus LiveCD serta berjalan dalam memory system. LiveCD yang terdapat banyak telah dilengkapi tools anti virus ditambah dengan kemampuan burning, Rsync dan tools restore dan backup, SSH, FTP client, tools partisi, dan masih ada lagi lainnya. Memang windows ada juga yang dapat berjalan dalam modus LiveCD, akan tetapi fungsinya tak sebanyak dengan yang disediakan Linux LiveCD.

Demikianlah beberapa manfaat yang diperoleh setelah menggunakan jasa linux system administrator. pemaparan diatas semoga dapat membantu untuk menambah ilmu Anda yang masih penasaran mengenai sistem linux.