Jasa Konsultan Devops Professional

Jasa Konsultan Devops Professional

Di bidang IT, muncul istilah devops yang kini sedang tren karena terbukti mampu meningkatkan kapabilitas dan kerja lebih optimal. Perusahaan atau bisnis membutuhkan sistem atau platform yang selalu menyesuaikan dengan kebutuhan. Akan tetapi, mereka yang bertugas di bagian development dan operasional sering tidak sinkron karena merupakan tim berbeda.

Agar kerja lebih efisien, keduanya harus memiliki visi, tujuan, dan misi yang sama. Inilah tugas devops yaitu konsep atau prinsip yang berfungsi meningkatkan efisien kerja saat mengembangkan atau membuat suatu platform. Perusahaan membutuhkan Jasa Konsultan DevOps profesional agar hasilnya lebih optimal dan terbaik.

Mengenal Jasa Konsultan Devops dan Layanan yang Diberikan

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai layanan dari Jasa Konsultan devops, bagian terpenting adalah mengerti konsep devops. Ini adalah istilah baru yang muncul sekitar tahun 2007. Saat itu, perusahaan menyewa konsultan untuk membantu pengembangan sistem dan produk. Pada awalnya, proses berjalan lancar hingga penerapan siap dilakukan. Namun, ada satu masalah yaitu tim operasional yang bertanggung jawab terhadap sistem di lapangan seolah masih kesulitan memahami hasil pengembangan. Tugas mereka sebenarnya hanya mengoperasikan tetapi pemahaman tentang sistem justru penting karena dapat menjadi sumber referensi dan feedback untuk tim developer.

Konsultan tersebut lalu berusaha menyatukan antara development dan operasional sehingga muncul konsep devops. Ini bukan suatu sistem, aplikasi, atau software. Devops lebih ke arah kerangka kerja, prinsip, alur proses, dan sistematika saling berkaitan. Anda akan mengerti layanan apa yang diberikan konsultan di bidang ini dari cara kerja yang mereka terapkan. Simak daftar berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

  • Identifikasi masalah dan inspeksi situasi terkini
    Semuanya berawal dari identifikasi masalah dan inspeksi situasi terkini. Konsultan bukan sekedar mendengar keluhan dari customer. Mereka justru melihat langsung ke lapangan apa yang sebenarnya terjadi. Tugas devops adalah membuat cara kerja dan sistem lebih efisien sehingga harus mengerti sumber dari masalah.
  • Perumusan sistem dan cara kerja
    Setelah identifikasi selesai, langkah berikutnya adalah merumuskan solusi misalnya sistem atau cara kerja yang memang memberikan hasil optimal. Pada umumnya, customer membutuhkan konsultan untuk menyelesaikan suatu masalah misalnya bagaimana perusahaan dapat mengumpulkan data pelanggan dan produk dengan cepat. Tim operator bertugas menjelaskan situasi di lapangan lalu memberikan solusi praktis. Tim developer segera mengkonversi ide tersebut ke bentuk sistem yang nyata. Selanjutnya, kedua tim saling bersinergi saat prosedur test hingga diperoleh sistem yang optimal. Keduanya bekerja bersama di bidang masing-masing tetapi memiliki visi yang sama. Inilah penerapan nyata dari devops.
  • Review hasil pengembangan dan operasional
    Jasa Konsultan devops juga membantu review hasil pengembangan yang sudah dan sedang berlangsung. Perusahaan dan bisnis membutuhkan pihak ketiga untuk mendapatkan perspektif baru. Konsultasi segera menelaah dan membuat assessment terhadap sistem tersebut lalu memberikan usulan yang optimal.
  • Support dan garansi
    Layanan yang lain dari jasa Konsultan devops adalah support dan garansi. Customer akan memperoleh dukungan secara langsung dan kontinyu termasuk bantuan monitoring saat usulan diterapkan. Garansi merupakan layanan yang menjamin hasil konsultasi memberikan dampak optimal sehingga tujuan terpenuh.

Satu lagi yang perlu Anda ketahui adalah Jasa Konsultan devops juga membantu customer saat menentukan tools apa yang dipakai. Mereka memberikan penjelasan terkait pro dan kontra secara objektif. Customer cukup memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.